www.cozy-cupcakes.com

June 5, 2013

Puding Roti dan Mentega Masakan Rumah Wina Bissett



Saya ikut penandatanganan bukunya mbak Wina,
di Pantry Magic 15 Mei 2013 sekalian lihat demo beberapa resep yang ada di buku
saat itu mbak Wina tambah cantik aja terlebih jika dibanding foto yang di sampul buku Masakan Rumah
lagi hamil 7 bulan
duh kalau orang hamil tu ya... berbinar binar deh auranya


kenapa saya tertarik dengan bukunya mbak Wina?
karena resepnya banyak (120 resep) dan menggunakan bahasa Indonesia
resepnya ini kebanyakan adalah resep internasional, walau ada juga masakan Indonesia,
favorit mbak Wina adalah nasi Goreng Kampung dengan Ikan Kakap Putih

semua resepnya sesuatu yang biasa dibuat di dapur rumah
penulis meletakkan tata urutan resepnya dari kelompok sarapan (breakfast),
makan siang (lunch) lalu makan malam (dinner)
plus resep dessert, cake, kukis dan sebagainya

step by step nya jelas
sebagian besar ada foto step by step nya

sudah gitu, foto nya bagus
saya juga bisa belajar food photography dengan buku ini....
maksudnya mengamati lay out dan sudut angle pengambilan gambar gitu
juga cara penataan hasil masakan
food styling nya gitu
bisa tu pantengin gambar2nya untuk dipake belajar...
urusan saya jadi tambah pinter motret atau gak itu soal lain, hehehehe....

sampai rumah saya langsung ingin mencoba salah satu resep yang ada di situ
pilihan jatuh pada Puding Roti (halaman 223)
tingkat kesulitan rendah kayaknya... hehehehe... itu karena gak pede
yaaah kalau gagal-gagal masih bisa untuk bekal anak ke sekolah

BREAD AND BUTTER PUDDING
(Puding Roti  Dan  Mentega)
6 porsi

Bahan bahan dasar :
12 lembar roti tawar putih ukuran 7x7cm
75 gr mentega tawar, suhu ruangan
75 gr selai jeruk siap pakai, yang dapat dibeli di supermarket -saya ganti dengan selai blueberry-
275 ml susu segar cair
75 ml whipping cream
50 gr gula pasor halus
50 gr kismis hitam -saya pakai kismis golden-
1 buah jeruk lemon, parut kulitnya -saya skip, tidak pakai-
3 butir telur, suhu ruangan
1 sdt pala bubuk
1 sdt gula pasir coklat (brown sugar)


Metode (Cara membuat) :

  • Panaskan oven sebesar 180 derajat Celcius (gas 4)
  • Olesi loyang seluruh permukaan loyang dengan mentega (foto 1)
  • Olesi kedua sisi roti tawar dengan mentega dan selai jeruk (foto 2) -saya pakai selai blueberry-
  • Sususn setiap lebar roti di dalam loyang
  • Taburi dengan kulit jeruk lemon dan kismis (foto 3) -saya tidak pakai parutan jeruk lemon-
  • Aduk gula, susu, cream dan telur di dalam suatu wadah
  • Tuang ke dalam loyang (foto 4)
  • Taburi dengan pala bubuk dan gula pasir coklat (brown sugar) -saya sebagian ada yang ditambah taburan choco chip, ada yang pakai parutan keju- (foto 5)
  • Panggang selama 30-40 menit sampai warna kuning kecoklatan dan harum baunya
  • Sajikan saat panas engan whipping cream





ini jadinya....
sayanya yang melebihkan gula coklat (brown sugar) nya
saking sukanya sama gula coklat itu, gula berwarna coklat...
saya anggapnya palmsuiker, hehehe...
enak banget...
beda sama puding roti yang biasa saya buat juga
perbedaannya adalah
saya dulu tidak pernah melapisi roti tawarnya dengan mentega dan selai
ternyata lebih enak kalau dilapisi mentega dan selai dulu kedua sisi roti sebelum disusun di pinggan
nyum nyum....


yang dikemas di aluminium foil kecil-kecil bisa langsung di bawa ke sekolah sama anak-anak
yang di piring gede ini sedikit-sedikit dicomotin dimakan di rumah

ngikutin petunjuk dari buku Masakan Rumah gak tersesat lah
saya berencana mencoba resep lain
capcus lah

ide perbaikan untuk buku ini apa ya?
semacam glosary gitu, daftar kata dan halaman dimana saya bisa mencarinya di buku
saya harus menghabiskan waktu relatif agak lama untuk mencari resep yang saya maksud
secara saya juga belum fasih amat ini masakan yang saya maksud itu masakan apa gitu,
apakah tergolong breakfast, lunch atau dinner hehehe....

sukses terus ya mbak Wina




0 comments:

Post a Comment