www.cozy-cupcakes.com

April 6, 2012

Kursus Macaroons di Yum Yum Macarons dengan Niken Menik Wulandari

Diary  : 11 Februari 2012

Kursus yang paling saya tunggu
saya kebelet banget ikut kursus ini apalagi ini diadakan oleh pemilik Yum Yum Macarons
saya napsu bener sama kursus ini karena rasanya sudah hidup mati ngurusin macarons...
hasilnya selalu gagal melahirkan kaki

Beli buku sampai banyak buku
terbitan Indonesia sampai Internasional
dibela-belain nyari bukunya Hisako Ogita
searching dan browsing
dari baca resep, membandingkan resep,
sampai mata seperti mata garfield mantengin You Tube
bahkan sudah pernah kursus juga dengan pak Yongki.

gak bisa juga bikinnya...
bukan macarons kalau gak berkaki

Bertemu pertama kali dengan mbak Niken saya terpesona,
orangnya sangat bersahaja....
saat kursus menerangkannya dengan guyon, tidak serius,
tetapi sangat sangat sistematis
area kerjanya amat sangat rapi,
dia itu peserta MasterChef Indonesia tahun 2011 lho....


ini ruangan spesial untuk segala bahan macarons nya,
ada pengukur humiditasnya
ada air conditioningnya
di jaganya sungguh-sungguh kualitasnya...
saya langsung tahu kepribadian mbak Niken ini salah satunya pasti disiplin, dan detil,
dan orang yang persistence....
kalau niat banget gini... hasilnya juga bisa diandalkan kan
maka silakan atuh kalau mau pada pesen macarons ke mbak Niken... alamatnya jl Gandaria I/1
persis nempel dengan rumah sakit Muhammadiyah di Mayestik Jakarta Selatan

lihat kalau mbak Niken mengajar,


serius sekali ya kelihatan... hehehe hoax itu, enggak kok.. ini juga sembari bercanda, hehehe..
bagus gambar sangkarnya di dinding ya... *salah fokus*

resep bisa di lihat di blognya mbak Niken,
klik di tulisan Yum Yum Macaron di atas
ini gaya French Macarons, tanpa mendidihkan sirup gula...
(saya juga ikut kursus macarons dengan gaya Italian, sama chef muda Odie Djamil gaya Italian itu yang pakai acara memanaskan air gula sampai suatu suhu tertentu, kalau kata chef Odie dengan air gula yang dipanaskan sebelum dimasukkan ke dala meringue/kocokan putih telu, adonan lebih meyakinkan...)

banyak tips dan trik yang diberikan mbak Niken,
intinya... sepanjang proses adalah kering, kering dan kering....
bubuk almond nya jangan lembab harus kering...
 jadi dihangatkan di oven dulu lah biar gak lembab
pewarnanya sebaiknya bubuk, jangan cairan... kalau pasta masih bisa asal jangan yang cair/air...

ini step-step yang saya lakukan waktu kursus...


pokoknya semua mengerjakannya sepenuh hati jangan keburu-buru...
ini kue yang moody abiezz....
melawan orang hal yang moody adalah dengan tidak ngikut-ngikut moody
gitu teori psikologinya hehehehe....

kursus dengan mbak Niken... banyak sekali tips dan triknya,
cara mengajarnya juga sangat jelas, dengan contoh-contoh setiap stepnya,
kenapa bisa begitu??
ya karena memang sejarahnya.... mbak Niken ini juga dulunya sering banget gagal buat macarons... penasaran.... uuh penasaran yang membawa hikmah ya...
sekarang bisnisnya macarons laku banget....

karena mbak Niken itu bekerja,
cara menerangkannya saat jadi guru juga terbawa-bawa pendekatan di perusahaan,
presentasi... dengan power point yang menarik


kemewahan lain adalah goodiebags nya,
dapet segala alat yang diperlukan untuk membuat macarons



buku macarons itu enggak lho... enggak termasuk di dalam goodiebags
itu cuma penanda buat saya kalau ini terkait dengan macarons
goodiebags nya di dalam tas kertas coklat itu,
isinya satu plastik isinya satu resep macarons, kertas pola lingkaran2 macarons,
lembaran coklat anti lengket, plastik segitiga yang bisa dipakai berulang kali,
ada penjepit dan spuit
wuiiihhh lengkap ya...
jadi sekalian guru dia juga motivator ulung...
nah itu, segepokan bahan macaron 1 resep untuk apa kalau gak dicobain
jadi sepulang dari kursus....
kita para pesertanya termotivasi untuk membuat lagi.... praktek
sembari dipandu sama bu guru, karena saya nanya2 mulu gak pede
"Mbak maaf lupa.... abis diginiin diapain ya?" halah saya mah manja ya... hehehehe...

gak rugi deh kursus di sini,
gurunya ramah, teori tips dan triknya lengkap, sarana pendukungnya pun diberikan....
terima kasih ya mbak Niken....

ki-ka : Shanty, Catherine, saya, mbak Niken
memeluk Ina, Nissa, Nella, Kiki, Citra


17 comments:

Anonymous said...

mbak untuk tau info kursus macarons di yum yum gmn ya?? mohon infonya klo bisa kirim ke email saya ask.yudinugraha@gmail.com

makasi banyak :)

June 22, 2012 at 7:51 AM
pipin said...

untuk kursus macarons sama mbak Niken, bisa hubungi 081280298920 atau add pin 21D7EE1A
silakan dihubungi.... mbak Niken nya ramah banget orangnya....
gak nyesel deh belajar sama orang yang baik dengan pengalaman gagal sampai berhasil yang sangat inspiratif....

June 24, 2012 at 6:36 AM
Anonymous said...

biaya belajarnya brp mba?

July 4, 2012 at 4:35 AM
pipin said...

biaya dan segala hal lain yang mau ditanyakan silakan hubungi guru saya yang baik hati, mbak niken
ini no nyA 081280298920 atau add pin 21D7EE1A

July 6, 2012 at 6:54 AM
reza said...

mba saya mau nanya kursus membuat maracons itu segmentasinya apa ya?
trus itu kursusnya perminggu atau sekali pertemuan saja ?
sebelumnya makasih mbak..

July 20, 2012 at 1:14 AM
pipin said...

maaf reza, saya gak paham maksud pertanyaannya... 'segmentasi?'
kalau saya kemaarin itu kursusnya sekali pertemuan
tapi kalau masih kurang jelas mau ikut lagi boleh kayaknya,
maksudnya kalau ada kursus lagi untuk batch baru boleh ikutan hadir karena belum jelas (kita sebagai peserta kursus sebelumnya)
tapi lebih baik ditanyakan saja ke yum yum macarons
coba hubungi langsung mbak niken nya...
tanya kapan lagi mau ada kursus
dan segala hal yang lain.... silakan....

July 20, 2012 at 2:53 AM
Anonymous said...

mbak sy udh add pin mbak niken, udh Pm di fb, whatsup gx ada respond sama sekali hikz

June 19, 2013 at 7:49 AM
pipin said...

coba kirim pin bb dan no telp/hp serta alamat email ke alamat email saya cozycupcakes.pipin@gmail.com
sekalian tuliskan aja ingin menghubungi mbak Niken karena apa,
nanti saya coba sampaikan keinginannya ya ke mbak Niken
semoga saya bisa membantu dan mbak Niken bisa membalasnya ya
please... thank you

June 23, 2013 at 6:39 PM
pipin said...

Halo Yum Yum Macaron, mbak Niken, mau mengadakan kursus tanggal 7 September 2013, karena tempat terbatas silakan mendaftarkan diri
ke mbak Jani 081280298920

August 17, 2013 at 9:40 AM
Unknown said...

Selamat pagi bu pipin, sungguh blog yang luar biasa. Kebetulan saya beserta tim bisnis ingin membuka toko macaroons dan membutuhkan partner. Melihat blog ini terdapat banyak pembuat macaroons, bagi yang tertarik dapat menghubungi 087878767615 untk diberi info konsep dan planning bisnis.. Kami prefer daerah JKT-BSD.. Thx..

January 3, 2014 at 5:59 PM
pipin said...

terima kasih sudah mampir di blog saya ya
semoga usaha bapak juga lancar dan sukses ya

January 26, 2014 at 10:54 AM
Yuanita said...

mba Pipin dari 3 guru macaron : boleh tau yang mana resep dan hasil paling oke?
salam kenal ya

April 29, 2014 at 5:22 AM
pipin said...

boleh mbak yuyu... saya kasih tau menurut pendapat saya ya...

May 1, 2014 at 9:31 AM
Unknown said...

halo mb pipin, boleh tau juga dong bocoran 3 guru yg menurut mb pipin "paling", soalnya sy dari daerah mb....lg cari referensi kursus yg tepat dimana ;) Mksh sebelumnya

August 27, 2014 at 6:52 PM
pipin said...

boleh mbak nanti saya kasih tau,
japri ya ke alamat email mbak April

tapi pada dasarnya semua guru baik
kitanya saja yang harus bersabar pada diri sendiri
kalau belum berhasil ya jangan putus asa...

September 13, 2014 at 12:21 AM
alisa said...

Hi tante pipin. Aku alisa 13th tante. Aku suka masak2 gitu.. sering ikut baking course juga hehe.. *kok curhat?* menurut tante yang hasilnya paling bagus dari rasa, tekstur dan penampilannya (termasuk kaki macaronnya) yang paling bagus yang mana ya? Terus kalo untuk cara mengajar yang paling detil dan mudah di pahami dari 3 itu yang mana tante? Sorry banyak tanya nih.. hehehe. Email aku dong tante alisaboomby17@gmail.com thx

May 11, 2015 at 4:06 AM
pipin said...

hai Alisa.... 13 tahun tapi kamu menulis suratnya sistematik sekali, bahasanya apik... pasti orang yang detil ya. Pertanyaannya juga detil, membandingkan 3 hal....
menurut saya kalau sudah jadi macaron semua enak deh.. jadi lupa mana yang paling... saran saya sih ya, Alisa sekalian aja coba dengan tiga cara kalau ada peralatannya kenapa gak coba gitu... nanti ketahuan menurut Alisa mana yang paling bagus dari rasa, tektur dan penampilannya..... kabari ya kalau sudah mencoba...

May 12, 2015 at 8:03 AM

Post a Comment