www.cozy-cupcakes.com

March 16, 2013

Cozy Takoyaki

Takoyaki adalah bahasa kerennya  dari
Japanese Octopus Dumpling Balls
wajannya khusus, bulat setengah lingkaran,
katanya di Jepang ini adalah peralatan masak yang biasa dihadiahkan orang tua kepada putrinya yang menikah
bagus juga ya... membuat semangat memasak

masakan ini kesukaan keluarga saya,
anak-anak selalu tidak melewatkan kedai Takoyaki kalau ketemu di mal
berisik banget minta beli...



jadi mari dicoba sendiri
resep diambil dari dapurnya mbak Ine
silakan klik di sini
itu juga mbak Ine ambil resepnya dari chef Kusuma Wijaya (suaminya Teh Uceu)
mohon ijin ya ibu-ibu berdua... saya copas

ternyata bahan-bahannya belum terlalu umum, masih impor impor gitu lah
saran saya belinya di Papaya supermarket, atau coba di supermarket yang besar
kalau gak ada, tapi udah kebelet mau coba... jangan khawatir.....
pergunakan yang ada saja....

nanti makannya bisa sembari bayangin Takoyaki dengan bahan yang asli dianjurkan
kalau belum tahu rasa Takoyaki kayak apa,
yaaa percislah kayak yang di jual di kedai-kedai di mal-mal
kalau juga belum pernah nyobain yang di mal-mal itu
nah... yang kita buat, anggaplah itu Takoyaki beneran.... asli dan enak
beres...
jangan ragu-ragu nyoba.... ngikutin resep ini aja,
dan makan dengan kepercayaan diri tingkat tinggi...
puji puji saja buatan sendiri... :)

PERALATAN : 
wajan Takoyaki, mirip wajan pofferces
bulat-bulat setengah lingkaran

BAHAN :
4 kuning telur
2 putih telur
daishi stock (5 sdm atau 8 gr Daishi bubuk  + 750 ml air)
(Daishi stock itu kaldu ikan, kalau gak nemu bisa lah diganti kaldu ayam atau sapi yang ada di warung terdekat, ya kurag pas kalau isinya nanti misalnya gurita, cumi, udang dsb, tapi ini termasuk the theory of kefefet, dicoba saja,,, atau ya nanti isinya daging ayam, atau daging sapi, kita berkreasi... )
350 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
3 sdt garam
minyak sayur

BAHAN ISI :
250 gr gurita/cumi/udang/ikan direbus dipotong kotak-kotak kecil
kol iris tipis (saya tidak pakai ini, kurang suka)
daun bawang iris halus
(bisa juga diganti denga kucai diiris halus)
jahe iris halus

PELENGKAP :
200 ml saus teriyaki, bisa diganti saus inggris, worcestershire
(tidak ada saus yang impor... yang lokal juga ada.. tenang aja ya)
200 gr mayones
5 gr katsuo bushi
(harus ada, kalau gak pake ini nanti disangka bakwan atau bala-bala)
daun nori bubuk secukupnya

CARA MEMBUAT :
kocok lepas telur, tambahkan dashi stock sedikit demi sedikit, aduk rata
campur tepung terigu, baking powder dan garam
tuang adonan tepung ke dashi stock dan telur
panaskan wajan/cetakan dan olesi minyak sayur
tuang adonan ke cetakan sampai 1/4, tambahkan isi cumi/ikan/udang, kol, daun bawang, jahe
tutup dengan adonan lagi sampai banjir
bolak balik sampai membentuk bola. 
sajikan dengan pelengkap

TIPS :
bolak balik Takoyaki pada saat yang tepat, yaitu :
ketika bagian bawah dan pinggir berkulit tetapi bagian tengah masih cair sehingga nanti membentuk bola
gunakan tusuk sate
saran saya 2 tusuk sate

ini video yang saya ambil dengan ijin pada pemerannya,
namanya mbak Lina, tugasnya di counter Takoyaki depan Giant Lebak Bulus, Jakarta
saran dari mbak Lina (maaf cuma ngerekam kesigapan  tangannya, lupa shoot wajah cantik mbak Lina) : untuk mendapatkan Takoyaki yang kulitnya tidak tebal dan rata, pastikan wajannya panas dulu,
baru bolak balik menggunakan 2 tusuk sate
mbak Lina, terima kasih,
semoga kualitas kerjanya membawa kesuksesan untuk mbak Lina ya....



CARA PENYAJIAN :
tata Takoyaki di atas piring, beri saus teriyaki bisa disiram bisa diolesi dengan kuas,
lalu siram dengan mayonaise
beri katsuo bushi dan bubuk nori

ini bahan-bahan yang saya beli di supermarket Papaya,
semoga membantu visualisasinya


itu dashi stock nya
kalau dibuka ada sachet, isinya seperti itu
bukan bubuk halus seperti kaldu bubuk yang lokal, tapi ini grenjelan, butirannya agak besar kasar, miirip butiran gula pasir gitu lah...

untuk sausnya bisa saus teriyaki biasa atau saus bulldog seperti di gambar berikut :

courtesy Teteh Uceu

di gambar di atas, terlihat juga yang disebut katsuo bushi,
abon ikan cakalang
buat saya ini yang paling penting ada untuk jadi yang namanya Takoyaki

puas bisa buatnya... gosong gosong dikit gak papa lah...
saya bangga dengan buatan sendiri (haaiiyaaaa....)

anak saya bangga buatan ibu nya
asli saya gak pake melotot nyuruh bawanya sebagai bekal, hehehe....

ini buat bekal anak,
tanpa nori bubuk.... kesiangan bangun jadi kelupaan, hahaha...
cara penyajian bisa sesuai selera
ada yg saus dan katsuo bushi nya di taruh di tempat tersendiri,
nanti di sekolah baru di racik


ini cocok untuk kemampuan anak SMP seperti si Tengah
tapi ada juga yang lain lagi cara penyajiannya,
ada yang sudah dikasih saus dan ditaburi katsuo bushi dari rumah
nanti tinggal makan gak perlu ngracik walau saus udah menyebar keseluruh tempat bekal
dan katsuo bushi nya sudah tidak melayang-layang karena kesiram saus, hehehe...
jelas ini cocok untuk si Bungsu yang masih di SD, praktis praktis aja....


jangan lupa di bawakan garpu
kalau pakai tusuk gigi, glundung... sudah hilang saat dibutuhkan nanti pas jam istirahat
kalau pakai sumpit keburu laper, megang gak bener Takoyaki nya glundung juga.. hehehe...
garpu aja beres....

sekarang saya sudah belagu kreatif juga... berani  modif, hehehe....
dikasih sosis atau keju
maksudnya kalau daging guritanya habis, saya ganti dengan sosis atau keju
kalau mau diisi tuna ya silakan saja


namanya aja gak biasa kita denger
perlengkapannya keliyatan ribet
tapi asli... ini praktis banget
mari yuuuuk dicoba..


2 comments:

Inev said...

hadehhh... pengeeennn... dah lama bgt gak bikiiin. mb Pipiiin kangeeeennn.....*peluuk

March 17, 2013 at 7:51 PM
pipin said...

kangen juga niy sama mbak ine
kalau buat takoyaki, please kabar-kabari ya...
siapa tahu saya bisa ke rumah mbak ngikut makan gitu
see you soon mbak ine...

March 22, 2013 at 10:08 AM

Post a Comment