www.cozy-cupcakes.com

May 10, 2012

Cozy Orange Ombre Cake

lagi....
menemani Cozy Rainbow Cake....
saya buatkan yang menentramkan hati kalau dilihat gradasi warnanya,
Cozy  Orange Ombre Cake


kenapa disebut Ombre Cake?
Ombre itu istilah dari Perancis yang berarti bayangan,
maksudnya warna dari terang menuju gelap gitu.... singkat kata, gradasi warna

tampak luarnya juga akan semakin menjadi dramatis rasanya,
kalau sudah bergradasi....
yang saya lakukan dengan menggunakan airbrush...
tetapi bisa juga cara lain,
misalnya dengan buttercream,
yang juga akan semakin dramatis efeknya jika buttercream ini bergradasi


dan tentunya, bagian cake nya sendiri bergradasi
tersusun dari beberapa layer,
bisa 4 bisa 5 bisa 6.... saya lagi kebanyakan energi aja niy, buat 6 layer


hiasannya bunga frangipani
terbuat dari fondant....
itu bunga kamboja itu tu... sudah diincar sejak jadi pertama kalinya oleh kedua anak gadis saya :)
mereka adalah pemakan fondant hehehe....
maka setia menunggui saya dekor, berharap dapat remahannya, hehehe....

saya menggunakan resep White Cake dari Martha Stewart,
yang saya ambil dari bukunya si madam.... Martha Stewart's Wedding Cakes
tapi kalau mau search, mirip dengan resepnya di sini
yang putih telurnya di kocok sendiri terpisah

COZY ORANGE OMBRE CAKE
(White Butter Cake)
Martha Stewart

14 sdm (=200 ml) unsalted butter suhu ruangan
3 1/4 cups  (=390 gr) tepung terigu ayak (saya pakai segitiga biru)
1 1/2 sdm baking powder
1/4 sdm garam
1 cup + 2 sdm (=270 ml) susu (saya pake Ultra UHT)
1 sdm vanilla ekstrak
1 3/4 cups (=350 gr) gula
5 buah putih telur, suhu ruangan

note:
 hasil nimbang-nimbang saya sendiri
fluid/cairan 1 cup = 8 oz* (28 gr X 8) = 225 gr
1 oz = kurleb 28 gr
tepung terigu 1 cup = 120 gr
gula 1 cup = 200 gr

Panaskan oven 180C
Campur dalam mangkuk, tepung terigu, baking powder dan garam, sisihkan.  Campur susu dan vanila, aduk rata, sisihkan.
Kocok butter sampai kental dan pucat, kira-kira 3 menit.  Masukkan gula, kocok sampai pucat dan kental kira-kira 3 menit lagi.
Turunkan kecepatan mikser. Tambahkan tepung dalam 3 bagian, diselingi dengan susu, dimulai dan diakhiri dengan tepung.
Pada mangkuk yang lain, kocok putih telur sampai kaku.  Ambil sepertiga bagian putih telur kaku, dan campurkan dengan adonan. Campur secara perlahan, teruskan sampai putih telur habis tercampur.
Bagi kedalam beberapa loyang (terserah ingin 4, 5 atau 6) yang sama banyak isinya.  
Saya memberikan nomor pada setiap loyang dan memasukkan adonan,  menghitungnya dengan bantuan scoop es krim
Lalu warnai berdasarkan gradasi warna yang diinginkan. 
Pemberian warna dimulai dari loyang untuk warna muda.  Loyang #1 dibiarkan putih, loyang #2 dst diberi warna semakin lama semakin banyak tetes pewarna yang diberikan setiap loyangnya
Panggang sekitar 15 menit atau sampai matang

ini link video nya,
bu Martha Stewart kebetulan ditemani bu Sharon Stone,
bikin White Cake, silakan klik aja  Video How To Bake White Cake\

awalnya tertarik karena cara membuat gradasinya itu bagaimana?
ada yang tersistematis,
tiap loyang beda satu tetes dari loyang sebelumnya
misalnya loyang pertama putih tanpa sedikitpun pewarna,
loyang kedua 1 tetes, loyang ketiga 2 tetes, loyang keempat 3 tetes, loyang kelima 4 tetes dan loyang terakhir 5 tetes
itu teoritis....
tapi saya pake feeling aja, naluri....
soalnya ngikutin tahapan seperti tadi, adonan cake saya gak asik warnanya....
mana kadang maksudnya setetes eh kepencet yang netes lebih dari satu...
wah, kacau lah perhitungannya
jadi...
saya pututkan cake ombre saya.... pewarnaannya by feeling

kenapa saya memilih oranye??
hihihiiiii.... karena mikser saya warnanya oranye...
maksa dot com....
ya tapi kan pink sudah beredar... ungu juga sudah beredar,
jadinya ya cari warna lain supaya memperkaya khasanah per-Ombre-an


foto dibuat untuk menghormati jasa mikser saya,
yang menuntut saya belajar terus dan berlatih terus,
yang membuat saya penasaran...
kok kadang cake oke kadang bantat??? nah ini tokohnya...
plus tambahan 2 kembang kamboja kanibalisme dari jepit rambut si Tengah,
hehehe....
trade fair.... pertukaran yang adil....
dia ambil aslinya yang pake fondant,
saya rusak jepit rambutnya untuk foto yang bertendensi maksa ini :)


membuat cake ini,
apalagi dengan airbrush untuk covernya.... bener-bener terapi anti stress untuk saya
sejuknya hati melihat gradasi warna yang muncul....

plus,
damainya hati melihat anak gadisnya mau membantu baking dan sesi fotonya.....

cake yang menyenangkan, hehehe....




4 comments:

Anonymous said...

Hai mbak Pipin
Ombre mbak Pipin itu pake loyang diameter brp ya?
trus utk 6 layer itu pake berapa resep?
maaf ya mbak nanya nya borongan :D

June 20, 2012 at 2:18 AM
pipin said...

saya copcas yang dari artikel Cozy Rainbow Cake ya....

1 resep, semuanya bisa menghasilkan 42 scoop adonan,
itu lho scoop es krim yang diameternya 5.5cm
jadi untuk loyang diameter 18 cm, masing-masing 7 scoop
nanti tinggi tiap layer adalah 2 cm

Cozy Orange Ombre ini berdiameter 18cm

June 20, 2012 at 10:10 AM
Kreasi Marie said...

terima kasih resepnya. Silakan berkunjung ke http://www.kreasimarie.com/ untuk melihat resep Ombre Cake dan resep kreasi lainnya.

August 30, 2012 at 12:21 AM
pipin said...

oh.. baiklah...
kebetulan kita sekeluarga suka biskuit marie
asyik bener jalan-jalan ke tempat anda
anyway, terima kasih ya mau mampir ke blog saya...

August 30, 2012 at 8:54 AM

Post a Comment