www.cozy-cupcakes.com

July 31, 2013

Kursus Bumblebee Tranformer Full Of Cake dengan Huda Priadharma (Yudha)


Diari 4 Mei 2013

ini kali kedua saya kursus dengan mas Yudha,
yang pertama dulu tentang standing figurine dengan natural face (bisa klik di sini)

masih bertempat di Studionya mas Yudha, Manggarai Utara

kali ini..... Transformer
jelas, saya ingin belajar bagaimana membuat cake yang berdiri, di carving, tinggi tetap stabil
belajarlah saya pada ahlinya....

lebih suka lagi karena, selain teknik yang saya ingin tahu tadi,
ternyata diberi juga kursus tentang airbrushing
iya iya... saya sudah sering pakai air brush, tapi itu otodidak
pengen tahu kalau orang lain, kebetulan ahli, yang melakukan...

plus... (masih ada tambahannya) saya bisa buat Transformer nya matanya menyala
huaaa... itu ide baru itu...


bayangin... setengah tinggi badan saya itu... ck ck ck...
kalau enggak pak guru Yudha yang punya pengalaman sebelumnya,
pasti Bumblebee saya gak tegak berdiri

kata pak guru... dulu pernah buat dan cake nya longsor dengan sukses
jadi ini adalah cerita sukses mas Yudha sehingga struktur cake nya kuat...
kalau yang pesan dari luar kota,
kita gak pusing dan cemas mikirin apakah cake sleamat atau tidak? longsor atau tidak?
aman....

isinya Lapis Surabaya,


kalau yang buat pak guru, hanya butuh 5 Lapsur,
kalau saya yang buat, nah.... boros
ada kalanya sudah terpasang tangannya, saya carving.... lama kelamaan mengecil
halah.... kacau deh
jadi perlu Lapsur sampai 7 loyang

sebelum dibuat,
kita harus bikin sketsa dulu tentang Transformer nya
jadi ada ukuran-ukurannya

lalu kita susun cake di dalamnya,
dilapisi buttercream (kalau mau enak lagi, dilapisi ganache 2:1)
perlu aja diingat,
ada kualitas tentu ada harga... hehehe....

setelah itu, mulai dilapisi fondant
dalam hal ini fondant warna hitam...
saya sudah deg-deg-an... hitam lho warnanya
biasanya fondant hitam itu lembek, karena membutuhkan pewarna yang agak banyak
kalau enggak nanti jadinya abu-abu dong
nah saya udah mikir akan lengket-lengket gitu deh tahap ini...
ternyata fondant hitam buatan mas Yudha enggak lembek tu...
sepertinya mas Yudha punya tips tersendiri sampai fondant buatannya gak lembek
(yang merah juga gitu... gak lembek)

asyik asyik aja jadinya kerja
gak masalah sekujur badan Bumblebee warnya hitam....

baru setelah dasarnya fondant hitam terpasang,
baru hiasannya, badannya yang kuning
dan terus asesorisnya, mur, baut, roda dan sebagainya....

terakhir di air brush,
supaya ada kesan, habis bertempur,
agak kotor-kotor bagaimana gitu....

terima kasih Indah Haris sudah mendokumentasikanya
dan setelah dipasang sayap.... jadilah...
tambah lengkap setelah dikasih lampu matanya
juga lilin pada tangan kanannya.....


kursusnya lebih lama daripada saat buat standing figurine Gagnam Style
ini  mulai jam 10 dan pulang bisa setelah Isya....
capai nian....

saya pikir, materi kursus ini adalah materi kursus 2 hari....
hihihiiii.... untung mas Yudha nya tahu bahwa kita orang sibuk (haiyaaa...)
tentu sulit kursus sampai 2 hari.... hehehehe....
jadi ada asisten untuk masing-masing peserta....
saya dan Indah Haris dari dapurbunda, masing-masing punya asisten
senangnya saya...
mereka juga bekerja dari awal sampai selesainya kursus khusus untuk kita masing2
membantu carving,
membantu menggiling fondant,
sama-sama kita merapikan badan Tranformer
dan yang paling seru adalah saat membuat aseesorisnya,
mur dan sebagainya itu....

ini niy kelakuan saya
sudah dibantu mas Ardi aja ya....
dari yang paginya saya masih kemripik
banyak nanya banyak cerita.... menjelang sore hari, diam seribu bahasa....
capek... hahahaha.....
betapa besar jasamu mas Ardi.... terima kasih ya....


terima kasih atas satu hari ini, diucapkan kepada :
1.  Bapak Huda Priadharma, yang masih mencoba menyemangati muridnya ini yang sudah hang dan error di detik-detik terakhir
2. Ibu Indah Siti Hermayanti Haris, yang dengan tatapan penuh pengertian melihat dalam diam rekan sesama pesertanya ini yang mendadak diam seribu bahasa di detik-detik terakhir
3. Bapak Ardi, yang terus bekerja tanpa diminta memberi bantuan potongan-potongan asesoris yang sudah tidak mampu dibuat saya di detik-detik terakir

judulnya hang dan error di detik-detik terakir, hahahaha....
sumpe melelahkan banget kursus kali ini....

karena tingkat tinggi ini ilmunya.... hedeeeew....
bersyukur bener bisa ada di hari ini dengan segudang ilmu dari ahlinya mencegah cake longsor, hehehehe....
terima kasih pak guru Yudha



dan ....
cerita belum berakhir sampai di sini....

karena memang melelahkan,
sampai arisan keluarga keesokan harinya saya tidak bisa hadir...
hehehe.... kuwalat nanti kalau gak kasih upeti...

semoga keluarga besar merestui passion saya
maafkan.... saya tidak hadir, diwakili Bumblebee ya...

Putri dan Bintang (keponakan)

Tinuk (sepupu), Bu Tin (bulik), Eli (adik)
hohohoooo....
masih banyak ini foto adik sepupu tante om ipar dengan si artis pendatang baru, Bumblebee... hehehe...
yg jelas rame gitu deh,

saya dimaafkan kan gak dateng arisan?


" Ngek " kubunuh kau....

oooh ini kepalanya.....
selamat menikmati Transformer Bumblebee saya...
saya tidur dulu deh, jet lag... dari Manggarai Utara ke rumah jauh euy...
hahaha...




0 comments:

Post a Comment