www.cozy-cupcakes.com

February 23, 2013

TERPUJI di NCC HMFF 2013, 23 Februari 2013 : Barbie ( Princess ) Doll ( Cake ) Decoration





Saya bersyukur,
dengan pencapaian ini...

saat di panggung, melihat karya pemenang lain,
yang juara 1 sampai 3 juga yang harapan 1 sampai harapan 3...
juga sesama pemenang terpuji...
terbukalah saya bahwa ide itu luas sekali
bisa darimana saja
penciptaan karyanya juga harus sangat detil
semuanya tidak bisa seadanya...
untuk jadi pemenang.... unsur taktis, dan kekuatan mental, sangat diperlukan
disamping ketrampilan penguasan teknik nya....

saya harus belajar lagi
harus meningkatan teknik
saya harus banyak berlatih
harus lebih berkualitas
saya harus lebih mencintai passion saya ini
supaya lebih berkembang lagi....

terima kasih bu Fat, pak Wisnu dan moderator NCC
terima kasih kepada pengajar NCC, terutama mbak Peni Respati guru yang mengajarkan saya berkreasi dengan fondant
juga guru pertama saya di dunia masak uni Dewi Anwar, yang mengajarkan bagaimana membuat cupcake dulu banget itu

tak lupa,
terima kasih untuk mbak Vita, Novita Dewi,
yang membantu edible image di tiap cake/cupcake yang saya buat,
termasuk yang saya gunakan saat bertanding menghias boneka Barbie dalam rangka memecahkan rekor Muri ini


saya senang ikut berpartisipasi di NCC HMFF tahun 2013 ini

judulnya baru muncul saat terakir diminta beri judul,
sempet melongo gak siap
tapi setelah ambil nafas sejenak... dikembalikan saja pada ide awal


Enchanted Butterfly Barbie

foto-foto berikut diambil di rumah oleh suami saya,









dipotret muter sedikit sedikit
biar keliatan seluruh tubuhnya

idenya dimulai dengan saya suka KUPU KUPU
beranjak dari itu mulai berpikir tentang kesesuaian
merancangnya sudah berulang kali ganti gambar

intinya saya mau memasukkan sebanyak mungkin warna yang disediakan oleh panitia HMFF,
dari sponsor Satin Ice fondan
dibenak awal sudah sepuluh-sepuluhnya warna akan masuk,
kan temanya Colourful Doll... saya mau ful colour nya,
kan dikasih 10 warna.. maka tugas saya adalah :
memaksakan cari keserasian sedemikian rupa agar bisa mengakomodir semua warna

pada prakteknya, saat perlombaan saya kehabisan waktu,
haduuuh 2 jam ternyata cuma sekedipan mata
cepetnya minta ampun....
(inget seperti waktu ujian Tata Buku waktu SMA kelas 1 dulu, sampai berasa kebelet pipis... ngitung gak bener-bener, salah kolom pulak.... bye bye IPS)
gemeteran bener jari-jari merangkai di saat-saat terakir

jadi saya hanya memakai warna :
pink, biru, kuning, oranye, hijau, merah, coklat dan hijau
meninggalkan warna ivory dan ungu  di angan-angan..... :(

bagian board saya lapis warna hitam,
rok paling bawah, adalah frill warna coklat dan atasnya frill oranye


didepan dihias dengan edible image,
saya pesan pada mbak Vita, dapurnyavita.blogspot.com,
coraknya browsing dari internet
harus kupu-kupu,
dan ceria, meriah...
pesennya 2 lembar,
satu untuk bagian bawah, satu saya potong untuk bagian dada

belakangnya saya pasang sayap
ini kali pertama saya membuat sayap dari gelatine
idenya diambil dari sini 



saya aja gak terlalu kenal gelatine,
jadi saya tarik mundur.... tahu buat sayapnya dulu
baru tahu cara mencairkan gelatine
hati-hati banget mempelajarinya karena gelatine bubuk sama gelatine lembaran beda cara menghandlenya

saya pakai gelatine lembaran (leaf)
browsing lagi internet untuk tahu cara menggunakannya
jadi harus direndem dulu di air dingin kira-kira 10 menit an
sampai semua lemes,
peres airnya,
lalu siram air panas
diaduk-aduk, dikasih warna pink dan siap pakai

jadi lah sayapnya....
kering 8 jam setelah dibuat, ditaruh di ruangan ber AC
dan begitu jadi.... jangan khawatir, kalau kurang rapi bisa digunting dirapiin
bisa dilipet dan gak putus atau patah

dan saya baru tahu kalu nempelinnya pakai royal icing
dan begitulah lengkap hidup saya....

saya jarang banget buat royal icing
kukis hias adalah sesuatu yang kalau bisa dihindari akan saya hindari
kali ini bukan kukis hias, tapi saya memang harus siap dengan royak icing

sudah mepet, jadi gak pakai putih telur segala,
saya pakai meringue powder Wilton
ikuti petunjuk pemakaian saja... jadilah....
saya simpan di kotak kedap udara, dan saya taruh kulkas
di bawa saat tanding... lancar jaya... fyuihh

kupu-kupu kecilnya dibuat dengan gumpaste putih Satin Ice
dicetak dan ditaruh di kertas lipet-lipet kayak kipas gitu lah
di warnai dengan dust warna warni.... simpen di ruangan ber AC sampai kaku
butuh waktu 1 hari saja biar kaku seperti itu,
lalu saya masukkan kotak kedap udara, di simpan deh...

juga bunga-bunga merahnya, itu dari Satin Ice warna merah yg sudah saya siapkan di rumah sebelumnya
saya campurkan CMC sedikit, lalu di diamkan di ruang AC supaya kaku

rambut Barbie nya memakan waktu lama banget menyiapkannya
gulung sana sini gak bisa-bisa
jebol melulu
sampe nginget cepol (bunhead)nya anak saya kalau balet
dikasih bantuan jepit rambut
jadi ini saya pakaikan juga jepit rambut halus,
peralatan salon untuk menyanggul
yaaaah belum puas, karena ide dan inspirasinya dari boneka yang dibuat teteh Nicke,
bisa klik di sini,
saya berusaha mendekati apa yang teteh buat
rasanya malah bergeser dekat karya teteh pun tidak... hehehe....
tapi yaaaa gak tau deh teteh bagaimana bisa hebat gitu bikin sanggul boneka...
salut...

rok bagian warna biru saya gilas dengan rolling pin untuk buat kesan kotak-kotak kecil
biar gak polos-polos aja
kalau bagian rok yang pink dan hijau, polos

untuk membuat kesan lebih elegan saya beri list warna oranye,
listnya dibuat dengan cutter frill
dan ditutup dengan 'pearl' kuning yang saya buat dengan bnatuan mould pearl

bagian belakangnya,
saya gunakan teknik stenciling


pakai royal icing, saya buat gambar kupu-kupu juga


dipadu sama sayap di atasnya... cucok lah
hehehe...
hhmmm.... cuma sampai rumah, mbatin aja... sayap kupunya kurang besar ya?
kurang berani
mungkin waktu itu takut gak jadi,
kan baru pertama kali ya buat dengan gelatine,
jadi buatnya juga kecil2... minder :) hahaha...



lalu kupu-kupu kecil saya tempelkan tanpa aturan baku
nyeni nya aja
taruh dimana yang kira-kiranya pas
termasuk di kepala,
dan di tangan Barbie nya
jadi si Barbie seolah-olah sedang bermain dengan kupu-kupu yang menclok di ujung tangan kanannya
kepalanya Barbie saya paksa belok, kayak kesan nengok..
biar ngliatnya miring-miring gitu deh
gak lurus rus rus rus.....


nah disaping-samping badannya itu untuk memperindah tampilan
mempergunakan mould dari Wilton, mould nya yang warnanya oranye saya lupa namanya
ada bagian seperti daun, nah dari situ itu saya cetak warna pink

kurang puas...
iya...
itu saya rencana buat selendang panjang,
gabungan warna ivory, ungu... dan mungkin merah...
ah tapi waktunya mefet

itulah...
ikut2 tanding gini sih sangat berguna
biar tahu
bahwa pengaturan waktu itu penting banget

perasaan sih sudah sekuat tenaga kerja
setangkas mungkin
masih aja kurang tangkas

bye-bye selendang... lain waktu deh nanti kalau ada pesenan Barbie buat lagi dengan selendang yang dianggan-angan

pegelnya bisa 2 hari ke depannya
mungkin karena giles fondan nya niat, hahahaha....
melawan AC yang top banget... sangat ideal
sayanya aja yang kurang taktis.... kalau udah tanding gini ya,
mosok hal penting, dan dasar jadi lupa dilakukan....
membungkus fondant dengan plastik
saya biarkan mereka telanjang tanpa penutup... hehehe...
ya'e ya lah.... kering mengeras semua...

saya terlalu fokus bekerja
melirik lawan tanding pun tidak berani
udah kebelet pipis nanti nglirik jadi kebelet yang lain bisa parah...
kesannya pede, kerja dan kerja terus....  pede abis deh
tapi dalam hati siapa yang tahu... hehehe...
super ndredeg

mbak Ienas Tsuroiya mencoba memotret saya,
sampe pegel megang BB nya cari momen saya ngangkat wajah
dan berusaha memotret saya dengan wajah yang lumayan jelas (manis dan cantik sih tidak tapi JELAS saja adalah cukup untuk mbak Ienas, hehehe...)
ternyata saya memang malu-malu kucing

courtesy Ienas Tsuroiya
begitu selesai...
fyuih.... lega...
apapun hasilnya, saya bangga sama diri sendiri
keluar dari kenyamanan, berani ambil resiko
mau repot-repot tanding segala coba tu....


kalau foto itu diperhatikan itu kamuflase...
angkat jari 2 aja gak tegas gitu, mau enggak-enggak
tapi lihat tangan yang tersembunyi, hehehe.. itu keadaan sebenarnya
itu ngampet...
abis itu setelah beberes meja... bak angin puyuh kecepatannya,
saya cari toilet...
fyuih... lega...

kalau menjadi terpuji,
masuk urutan ke sepuluh....
itu diluar pemikiran.... yang lainnya banyak yang bagus lho
tadi kerjanya nguli nggilesnya fondant
gak terstruktur,
memang hasil kerja saya tidak terlalu jauh dari khayalan awal...
target menyelesaikan pekerjaan, tercapai....
Barbie saya pakai pakaian lengkap
(kurang 30 menit soalnya masih belum pasang 'baju' depan)
jadi kalau selesai... itu sudah prestasi buat saya

tapi 10 besar... itu membuat tersipu
senang?... iya... banget-banget-banget....
karena usaha.... iya
karena beruntung.... iya juga

COMMENDED direkomendasikan juara
juara Terpuji...

hihihiiiiii.... yak itu sangat disyukuri
berkat tak terkira.....

sampai hampir seminggu ini,
masih terbayang-bayang kejadiannya...

bersyukurnya saya tidak habis-habisnya....

ini parade foto dari teman-teman saya, kenalan baru juga
coba itu
saya bersyukur juga
dengan teman-teman yang mau memotret saya yang biasa ini menjadi luarbiasa rasanya....
aaahhhh..... banget banget banget saya bersyukurnya


courtesy Kim Kim Ciputra

courtesy Kim Kim Ciputra
dengan juri Pak Yudi dan pendiri NCC, Ibu Fatmah Bahalwan

courtesy Kim Kim Ciputra

courtesy Endah Kusumaningrum

courtesy Sri Ayu Utami

courtesy Yeni Suryasusanti

terima kasih tak terhingga
terima kasih

ini juaranya,
Srikandi temanya,
sedang berfoto dengan bu Fat....
eh beruntungnya saya hehehe....
saya ada sedikit kelihatan di belakang tu... teuteup narrsis :)

courtesy Endah Kusumaningrum

oiya last but not least,
ini didapat dari Pak Yongki Gunawan, sebagai salah satu juri :

Tips mendekor Barbie (Princess Doll) Cake
Tips on decorating Barbie (Princess Doll) Cake

  1. Pilih boneka yang bagus, tidak harus mahal, tetapi yang utamanya adalah jangan punuknya besar, jadi pilih yang seimbang agar tidak kelihatan bungkuk bonekanya nanti saat di hias
  2. Pose boneka, jangan lihat ke depan saja, 'nyekengkeng' bahasa Jawa nya tatapan mata fokus lurus ke depan.  Kadang bonekanya badan mengarah ke samping tapi tatapan mata ke depan, atau cari posisi yang kesannya si boneka ini 'bergerak'. Jangan yang biasa-biasanya lah posenya.
  3. Tangan juga jangan 'nyekengkeng' diam di tengah, posisi mau nyeruduk itu lho, tangan diam di samping-samping.  Kayak aba-aba "Siap Grak" kalau baris berbaris... jangan seperti itu. tetapi sebaiknya bikin gerakkan.
  4. Jangan penuhi hiasan di sisi perut, sehingga bonekanya tidak mempunyai pinggul, karena kesannya jadi pendek bonekanya.   Pokoknya buat kelihatan langsingnya. Kelihatannya boneka akan lebih bagus, kalau ada 'lekukan'nya.
  5. Jangan lupakan kerapian rambut, jadi jangan malas menata rambut.
  6. Asesoris yang digunakan harus disesuaikan dengan tema secara keseluruhan.
  7. Keserasian pemilihan warna harus diperhatikan.
  8. Sekian


Senang sekali ikut mengambil bagian
memecahkan rekor MURI untuk NCC....

courtesy Nicke DKania Hoesein

courtesy Nicke DKania Hoesein
terima kasih....

2 comments:

Tjoet Viki Faisal said...

Congratulation ya mba karya nya, kuereeeen banget, angkat 4 jempol buat mba pipin...sukses terus yaa mba, you're my inspiraton... *big hugs*

March 14, 2013 at 6:05 AM
pipin said...

hai haiiiii mbak Viki
terima kasih *peluk hangat
jangan lupa oclek colek ya kalau ketemuan

March 16, 2013 at 6:36 PM

Post a Comment