www.cozy-cupcakes.com

March 16, 2013

Cozy Brown Sugar Steam Cupcake


Bolu Kukus Gula Jawa Mekar Harum Mewangi

Judul yang atraktif
(biarin lah dibilang lebay)



resepnya diambil dari sini, catatan-nina.blogspot.com
tapi saya modifikasi (cieeee... gaya)
padahal cuman ditambahin kayumanis diiikiiit ngakunya modif

terimakasih mbak Nina, salam kenal ya mbak :D

Bahan :

250 gr tepung
250 gr gula merah sisir halus
(kalau cuma dicacah, brenjelan, lama cairnya)
1 sdm gula pasir
2 kuning telur
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt bubuk kayu manis
(kurleb 3 gr, bisa bubuk bisa batang kayu manis)
200 ml air
50 ml minyak goreng kualitas baik


Cara membuat :

1. Campurkan gula merah bersama air, dan kayu manis didihkan hingga gula menjadi cair, dinginkan. Saring.
2. Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
(ini suatu keharusan, untuk membuatnya mekar mekrok krok krok krok, seperti yang pernah saya tulis sebagai hukum yang utama kalau mau membuat bolu kukus mekar, silakan klik di sini)
3. Ayak tepung terigu, campurkan dengan baking powder dan soda kue, buat lubang di tengahnya dan masukkan telur, aduk rata.
4. Tuang air gula sedikit demi sedikit, sambil dikocok dengan mikser speed rendah. Kocok hingga tercampur rata.
(tidak ada patokan waktu, secukupnya saja sampai tercampur rata, tidak ada lagi butiran tepung)
5. Masukkan minyak, aduk balik hingga rata, pastikan tidak ada endapan minyak yang tertinggal.
6. Siapkan mangkuk yang bolong-bolong di sampingnya, biasa untuk membuat bolu kukus.
(perlu bolong-bolong karena untuk membantu menekan adonan agar bisa mekar bolunya)
7. Masukkan di dalamnya paper cup 
(saya menggunakan paper cup merk Diva yang diameternya 9,5 cm, kalau menggunakan jenis lain dan ukuran lain silakan, sesuaikan dengan mangkuk bolu kukusnya)
8. Tuang adonan ke dalam paper cup hingga penuh.
(saya gunakan ice cream scoop, biar ukurannya sama, kebetulan scoop ukuran diameter 5 cm pas dengan cupcase diva diameter 9,5 cm yang saya pakai)
9. Kukus selama kurang lebih 15 menit dengan uap banyak dan api besar.
(saya gunakan klakat 35x35 cm, menjadi 2 kali mengukus. Sekali mengukus saya masukkan 8 mangkuk saja)
10. Apabila sudah matang, mekar dan wangi, angkat dan siap disajikan.

ini barisan foto-fotonya waktu membuatnya,
secara pakai BB ini...... jadi ya sudah maksimal yang bisa disajikan



Pengamatan saya,
proses mekarnya bolu kukus ini butuh waktu yang relatif lebih lama,
itu jika dibandingkan dengan bolu kukus mekar yang biasa saya buat Cozy Rainbow Steam Cupcake
kalau bolu kukus pelangi ini di kukus, kira-kira 4 menit sudah ulai bergerak naik dan memecah
kalau bolu kukus gula jawa ini, baru mumbul aja setelah sekitaran 7 menit.... itu juga belum memecah mekar mekrok
ada deh setelah kira-kira 10 menit baru mecah dikit-dikit
kadang gemessss...
kok kayak saya lola nya, lama amet loadingnya
mungkin karena adonannya kali ini lebih berat
jadi waktu mengukus 15 menit itu terasa lambaaaaat sekali menanti bolunya mekar

rasanya enak...
oiya... gula jawa nya saya pakai gula aren
hasilnya enak...
warnanya cokelat tegas, bukan cokelat ragu-ragu hehehe...
cakeb deh....

silakan mencoba ya,
sabar aja ya kalau nunggu mekarnya,
pikirkan saja nanti makannya.... enak deh...
patut dicoba



0 comments:

Post a Comment