www.cozy-cupcakes.com

February 28, 2012

Tantangan #2 Resep Mbak R :Prol Tape Surabaya

Memberanikan diri mengikuti Tantangan Resep Mbak R
kebetulan tape adalah favorit saya untuk dijadikan penganan...


Ini percobaan kedua...
dan terinspirasi dengan produk jualan pribadi... maka dibuat seperti cupcake deh :p
sukses... matang dengan sempurna :)

PROL TAPE SURABAYA
resep mbak Rachmah

Bahan :

150-175 gr Tape buang seratnya, haluskan
1 (45 gr) sachet Susu kental manis (saya ganti santan 45 gr)
4 butir telur utuh
75 gr Gula pasir (saya modif setengah gula pasir, setengah lainnya gula kastor)
75 gr Tepung terigu
10 gr Teping maizena
15 gr Susu bubuk
75 gr Mentega/butter (bisa diganti margarine)
25 gr Minyak zaitun (bisa diganti minyak sayur)
Keju cheddar parut
Kismis

Cara membuat :

1. Haluskan tape dengan menggunakan sendok, beri susu kental manis, campur merata, halus, teksturnya kental tapi tidak padat.
2. Kocok telur dan gula pasir hingga kental mengembang, berjejak. Setelah litu masukkan tape secara bertahap. Bagi menjadi 2 bagian, masukkan bagian pertama, aduk dgn mixer kecepatan rendah, pelan aduk merata, masukkan bagian kedua, mixer pelan merata (jangan terlalu lama mengaduknya, sebentar saja asal merata). Matikan mixer. 
3. Masukkan bahan kering (tepung terigu, susubbk, maizena), secara bertahap juga, sambil diaduk merata (ingat jangan terlalu lama jg agar adonan tidak turun banyak).
4. Lelehkan butter dan minyak zaitun, tuang dlm adonan cake, aduk rata. 
5. Beri toping kismis dan keju cheddar. 
6. Tuang di loyang ukuran 18X18X6/7cm (seperti biasa, alasi dulu loyang dengan kertas roti , poles mentega tipis/memakai kertas anti lengket), panggang dgn suhu 165 derajat celicus selama kurang lebih 25 menit atau hingga matang.

Nah, yang ini percobaan pertama saya,
dengan  mengganti susu kental manis dengan santan, 
dan gulanya 1:1, setengah bagian gula pasir, setengahnya lagi gula kastor,
tujuannya adalah mengurangi rasa manis... karena kami dari keluarga yang tidak terlalu suka manis
(menghormati ibuku yang mengidap diabetes... sehingga dengan gula kita berhati-hati, lagian kita sudah manis sih... qiqiqiiiiiqqq.....)


Jujur saja... saya bangga dengan prol tape saya... sumpe ini kali pertama saya buat prol tape,
jadi saya bangga sama diri sendiri (secara masih dikenal keluarga sebagai miss bantat, hehehe...)
karena ini buatan saya yang mumbulnya bagus banget,
padahal gak pake bahan tambahan seperti emulsifier atau baking soda gitu...
Lihat deh mumbulnya... 
padahal dugaan saya pada awalnya akan mimpes, kempes....
dan saya salah duga ternyata


Sayang saya merasa ada yang kurang pas,
lapisan atasnya belum merata banget... matengnya,
padahal sudah 25 menit di panggang.... yang bagian ada kismisnya belum matang benar


Sewaktu di bawa ke tempat kerja saya,
saya sempatkan acara bedah kue (semacam bedah buku gitu.... qiqiqiiii....)
expertnya adalah teman saya, Ibu Ermina Kristy, guru Tata Boga...
prol tape saya dicuil sedikit, dimakan di rasakan, 
dicuil lagi, di cacah-cacah bagian tengahnya....  terus keluarlah komentar konstruktif...
jadi arahannya adalah memanggang lebih lama lagi daripada 25 menit, 
saya disuruh pakai insting saja kalau 25 menit belum dirasa cukup... tambah kira-kira 3-5 menit lagi untuk memanggang, kalau nanti sudah sempurna.... disuruh modifikasi dengan tambah telurnya atau tambah tepungnya sedikit (hehehe... wah ini mah baiknya ibu yang ahli yg ngerjain, saya mah takut deh ngrusak aturan resep... takut kecewa, hehehehe... enggak ding bu, iya iya, nanti dicoba ya... )

CSI : Cake Scne Investigation
 Prol tape ku di sayat-sayat, dimutilasi, dirasa-rasa, diemut-emut hehehe...

Itulah maka saya buat lagi dengan bentuk seperti cupcake
ternyata kali ini menebar banyak pujian.... (ciiieee... ciiiie.... *pegangan*)
Rasanya enak... pas takarannya (saya skip SKM dan digantikan dengan santan)
saya kira akan hambar karena tidak pakai SKM dan tidak menambah gula... ternyata tidak, malah pas...
lembut dan meleleh di dalam mulut
tapenya pas rasanya...
asli gak eneg....  top banget deh...



Terima kasih ya mbak Rachmah Setyawati, atas tantangannya....


semoga tantangan berikut2nya bisa juga ikutan....
(just suggestion mbak untuk pertimbangan,
sepertinya Tantangan #2 Resep Mbak R... lebih tepat daripada Tantangan Resep Mbak R #2....
bagaimana mbak R?)

Ini kue nya udah buat temen yang pesen..... hehehehe.... 
ngakunya gak jualan prol tape, ternyata...



0 comments:

Post a Comment